Salustiano Sanchez Blazquez, Laki-Laki Tertua di Dunia

DiDunia.Net
 
thumbnail Salustiano Sanchez Blazquez, Laki-Laki Tertua di Dunia
Jul 28th 2013, 09:39, by Puitika Rahaniyah

Laki-Laki Tertua di Dunia

Seorang musisi dan penambang batu bara, Salustiano Sanchez Blazquez telah dinobatkan menjadi laki-laki tertua dengan usia 112 tahun oleh Guinness World Records.

 

Blazquez berhasil menggantikan pemegang rekor sebelumnya pria asal Jepang, Jiroemon Kimura yang telah meninggal pada 12 Juni silam di usianya yang ke-116 tahun. Demikian diberitakan New York Daily News.

 

Orang tertua lainnya adalah seorang wanita asal Jepang, Misao Okawa yang telah meninggal di usianya yang ke-115 tahun.

Guinness World Records menggunakan laporan sensus, dokumen imigrasi, catatan perkawinan dan laporan berita untuk mengkonfirmasi kelengkapan data pada setiap pesertanya.

Konsultan Senior Gerontologi Guinness World Records, Robert Young, mengatakan bahwa 90 persen dari semua peserta yang mencalonkan diri sebagai orang tertua adalah perempuan dan Blazquez saat ini satu-satunya laki-laki yang lahir pada tahun 1901 dengan bukti akta kelahiran.



Blazquez, lahir pada 8 Juni 1901, di desa El Tejado de Bejar, Spanyol, dia dikenal karena bakatnya bermain alat musik tiup dari buluh yang dia pelajari sendiri dan sering diperdengarkan di pesta pernikahan dan perayaan desa.

Ketika usianya masih 17 tahun, dia pindah dengan kakaknya, Pedro dan sekelompok teman-teman ke Kuba, di mana mereka bekerja di ladang tebu.

Pada 1920 silam Blazquez datang ke Amerika Serikat melalui Pulau Ellis dan bekerja di tambang batu bara Lynch, Kentucky. 

Saat ini dirinya menetap di daerah Falls Niagara New York sambil bekerja di konstruksi. Dia menikah dengan istrinya, Pearl, pada 1934 silam.

Pria yang memiliki nama julukan "kerdil" ini mengatakan bahwa dia tersanjung telah terpilih menjadi laki-laki tertua di dunia. Namun, dia tidak merasa telah mencai sesuatu yang hebat hanya karena ia telah hidup lebih lama daripada orang kebanyakan.

Blazquez mengatakan bahwa rahasianya memiliki umur panjang karena dia makan satu pisang per hari.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 komentar: