8 Fakta Mengenai Paspor Terunik di Dunia

DiDunia.Net
 
thumbnail 8 Fakta Mengenai Paspor Terunik di Dunia
Jul 29th 2013, 04:40, by Puitika Rahaniyah

Paspor Terunik di Dunia 


PASPOR adalah barang terpenting bagi wisatawan. Beda negara beda paspor, beda pula peraturan yang dianutnya. 

Simak fakta-fakta unik tentang paspor dari seluruh dunia, seperti dikutip Skyscanner berikut ini:

1.      Biaya pembuatan paspor termahal di Turki, yaitu sebesar Rp3,3 juta. Sementara, paspor termurah di dunia adalah paspor Swaziland, hanya dengan biaya Rp39 ribu. 

2.      Wisatawan Denmark pastilah paling bahagia di dunia. Pasalnya, pemegang paspor Denmark tidak perlu memiliki visa untuk mengunjungi 169 negara di dunia. 

3.      Paspor negara Sealand lebih aneh lagi karena bisa dibeli di internet. Sealand memang bukanlah sebuah negara resmi, melainkan negara bagian di antara Prancis dan Inggris. 

4.      Di negara terkecil di dunia, Vatikan, tidak ada kantor imigrasi. Namun, negara ini mengeluarkan paspor untuk warganya. Sri Paus, sebagai kepala negara Vatikan, memegang paspor dengan nama "Passport No 1". 

5.      Ratu Inggris juga tidak perlu menggunakan paspor saat berpergian ke luar negeri, karena dalam paspor Inggris dituliskan bahwa paspor tersebut dikeluarkan atas nama sang Ratu. 

6.      Paspor terlangka di dunia adalah paspor yang dimiliki oleh kurir Ratu Inggris, yang berpergian dari Inggris ke berbagai pelosok dunia membawa dokumen rahasia. Paspor kurir ini tercatat hanya ada 15 di seluruh dunia. 

7.      Inggris memang negara yang mahal bagi wisatawan, namun ternyata harga paspornya tidak semahal yang dikira. Harga pembuatan paspor Inggris sebesar 12,25 Poundsterling (sekira Rp193 ribu). Harga ini lebih murah dari rata-rata harga paspor Indonesia. 

8.      Zaman sekarang, banyak sekali sindikat peniruan paspor atau dokumen perjalanan lainnya. Namun, paspor Nicaragua pasti tidak akan Anda temukan tiruannya dimanapun. Paspor negara ini memiliki 89 fitur pengamanan, termasuk barkode bidimensional, hologram, dan watermark. Paspor ini terkenal sebagai paspor yang tidak mungkin dibuat imitasinya di seluruh dunia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 komentar: