Hidangan Paling Trend di Dunia

DiDunia.Net
thumbnail Hidangan Paling Trend di Dunia
May 6th 2013, 10:00

Hidangan Paling Trend di Dunia - Tiga restoran Spanyol mendominasi 10 besar World's 50 Best Restaurants 2013. Munculnya banyak restoran Spanyol di beberapa negara semakin menegaskan kejayaan kuliner Spanyol. Diramalkan Spanyol akan melampaui Prancis dan Italia dalam bidang kuliner.


http://www.didunia.net/
Hidangan Paling Trend di Dunia
Menurut direktur Gastronomy of Spanish Trade and Investment (ICEX), ekspor pangan Spanyol ke seluruh dunia pada tahun 2012 mengalami peningkatan sebesar 11,9%. Total nilainya melebihi €30 miliar (Rp 383 triliun) atau mewakili 16% total ekspor Spanyol.

"Angka ini tentu saja mengindikasikan pertumbuhan yang signifikan," ujar direktur bernama Ines Menendez de Luarca tersebut, seperti diberitakan CNN.

Di Hong Kong, restoran Spanyol ramai bermunculan. Salah satunya adalah Catalunya yang baru melakukan soft opening pertengahan April lalu. Meski baru, Catalunya sudah penuh dipesan hingga Mei!

Hal ini menunjukkan permintaan akan hidangan Spanyol yang seperti tak berbatas. Padahal, di Hong Kong sudah ada beberapa restoran Spanyol yang beroperasi sebelum Catalunya. Contohnya adalah 22 Ships, View 62, Boqueria, dan Vi Cool.

Di Singapura saja, 10 tapas bar baru telah dibuka tahun lalu. Salah satunya adalah Catalunya Singapura, yang beroperasi sembilan bulan lebih dulu daripada Catalunya Hong Kong.

"Ketika kami meneliti tren sebelum membuka Catalunya Singapura, kami juga dapat melihat tren besar kuliner Spanyol di Hong Kong. Makanya, kami membuka Catalunya Hong Kong (tak lama) setelah Catalunya Singapura," tutur Chef Alain Devahive Tolosa, mantan chef El Bulli  yang kini mengepalai Catalunya.

Anna Chau, CEO King Parrot Group yang membawahi empat restoran Spanyol di Hong Kong, mengatakan bahwa terdapat perubahan besar dalam tren hidangan Spanyol sejak 21 tahun lalu.

"Dari tapas tradisional, kini orang-orang mengharapkan presentasi yang cantik, metode memasak baru, serta detil penuh keterampilan dibandingkan sekadar hidangan Spanyol polos," ungkapnya.

Tak hanya di Asia, London dan New York juga terkena demam hidangan Spanyol modern. New York Times menyebut bahwa kuliner Spanyol menjadi tren besar berkat rasanya yang intens dan keterampilan teknis dari chefnya. Restoran Spanyolpun bermunculan di Amerika Serikat.

"Tren makanan Spanyol (di London) sedang berkembang. Pakar makanan terus mengharapkan hidangan inovatif, namun berkualitas top dan berasal dari bahan-bahan lokal," ujar juru bicara hotel Halkin yang baru membuka restoran Spanyol bernama Ametsa.

Menurut Menendez de Luarca, chef-chef Spanyol telah membuka lebih dari 30 restoran di luar negeri lima tahun terakhir ini. Mulai dari Brazil sampai Hong Kong, Polandia, dan Inggris. Beberapa perusahaan Spanyol juga telah membuka franchise tapas bar di seluruh dunia.

Tak hanya orang asli Spanyol, investor asing dari London, New York, dan Melbourne juga mulai mengoperasikan restoran Spanyol. Lantas, mengapa restoran Spanyol yang menyajikan tapas bisa menjadi sedemikian digandrungi?

"Cara tapas dibagi antara sekelompok teman membantu mendorong popularitasnya. Beberapa tahun terakhir, orang-orang lebih mencari suasana daripada sekadar makanan. Kita sering melihat orang-orang datang untuk makan berkelompok dengan delapan atau 10 orang," jelas Chau.

Menendez de Luarca berpendapat bahwa kebangkitan hidangan Spanyol di seluruh dunia adalah berkat evolusi kuliner yang dimulai di Spanyol. Evolusi ini meliputi kebangkitan kuliner modern yang didasarkan pada tradisi dan bahan-bahan segar. Terkenalnya Ferran Adria secara internasional juga mendorong kesuksesan hidangan Spanyol.

"Makanan Spanyol telah memimpin kuliner dunia selama 15 tahun terakhir. Kuliner Spanyol dan Catalan telah maju sampai tingkat yang jauh lebih tinggi dibanding hidangan lain, seperti Prancis dan Italia. Lihat saja daftar 10 restoran top dunia, tiga di antaranya adalah Spanyol," pungkas Tolosa.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 komentar: